Fakta Menarik Tentang Pendidikan

Universitas Terbaik di Kota Sabang Dapat Menjadi Opsi

Universitas Terbaik di Kota Sabang

Universitas Terbaik di Kota Sabang Dapat Menjadi Opsi – Masuk dalam area ekonomi bebas, Sabang yaitu spot paling utara di negara Indonesia. Tidak heran jikalau akibatnya kota ini yaitu kepulauan dengan komponen pulau terbesar yaitu Weh. Sedangkan dikelilingi oleh Selat Malaka dan Samudera Hindia, Sabang juga jadi sentra pengajaran yang diterangkan dengan cukup beragamnya lembaga pengajaran dalam daftar nama universitas di Kota Sabang. Universitas di Sabang Kecuali Weh, Sabang juga mempunyai empat pulau lainnya ialah Klah, Rondo, Rubiah dan Seulako. Sekarang Kota yang dipimpin oleh Walikota Nazaruddin itu memiliki dua kecamatan ialah Sukajaya dan Sukakarya dengan enam kelurahan dan 18 gampong. Tercatat sampai tahun 2017, jumlah penduduk di Sabang meraba 40.040 jiwa.

Daftar Perguruan Tinggi di Sabang

Lantaran letak geografis Sabang yang berada di spot paling atas Pulau Sumatera sekalian batas akhir Indonesia di komponen utara, jumlah lembaga dalam daftar nama kampus di Kota Sabang memang tak terlalu melimpah. Cuma saja memperhatikan jumlah penduduk dan luas areanya, kampus-kampus hal yang demikian telah cukup memenuhi keperluan generasi muda di Sabang. Salah satu hal yang cukup unik dari Sabang yaitu kota dengan sempurna kepadatan penduduk cuma 262 jiwa per kilometer persegi ini, relatif selamat dari petaka dahsyat gempa dan tsunami 26 Desember 2004. Mengapa semacam itu? Sebab keberadaaan palung-palung di Teluk Sabang. Tidak heran jikalau gedung-gedung kampus di wilayah Sabang konsisten berdiri kokoh dan dipakai sampai sekarang.

1. STIS Al-Aziziyah

Daftar nama kampus di Kota Sabang yang pertama yaitu STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Syariah) Al-Aziziyah. Tak susah untuk menemukan STIS Al-Aziziyah, sebab perguruan tinggi swasta bernafaskan Islam ini berada di Gampong Balohan, Kecamatan Sukajaya. Sebagai sekolah tinggi Islam pertama di Sabang, STIS Al-Aziziyah memang menarik ketertarikan masyarakat. Berada di bawah naungan Yayasan Al-Aziziyah yang konsentrasi dalam pengembangan pengajaran Islam bagus di Aceh, luar Aceh hingga luar negeri, mutu STIS Al-Aziziyah dalam menciptakan sarjana Islami memang tidak perlu di pertanyakan lagi. Ada dua program studi yang di tawarkan STIS Al-Aziziyah ialah Regulasi Keluarga dan Regulasi Ekonomi Syariah.

Sebagai komponen dari kawasan Serambi Mekah, kehidupan Islami memang benar-benar di junjung tinggi di Kota Sabang. Sebab itulah absensi STIS Al-Aziziyah menjadi perguruan tinggi Muslim yang memang mengajari tentang ilmu syariah terhadap generasi muda di Sabang. Dengan semacam itu, Islam konsisten menjadi petunjuk utama kehidupan masyarakat Sabang.

Baca Juga : Universitas di Aceh Terbaik Swasta dan Negeri

2. AKPER Ibnu Sina

Dengan kian berkembangnya peradaban di Kota Sabang, pusat-pusat pengajaran yang bertujuan melayani masyarakat juga makin di perlukan. Salah satu yang senantiasa di pilih banyak generasi muda Sabang yaitu AKPER (Akademi Keperawatan) Ibnu Sina yang terletak di Jl. BayPas, Kelurahan Cot Bau, Kecamatan Sukajaya. Telah menyelenggarakan Yudisium Akhir Angkatan XIII permulaan Agustus 2019 silam, kampus yang kerap kali di juluki AKIS ini memang bertujuan menciptakan kekuatan perawat yang berkwalitas. Dengan adanya alumnus-alumnus AKIS di Kota Sabang, di inginkan kesibukan kesehatan yang melayani masyarakat lazim dapat terselenggara optimal.

Dengan nama kampus yang di ambil ddari nama filsuf dan dokter Islam tersohor di dunia, AKPER Ibnu Sina memang menjadi perguruan tinggi kedua dalam daftar nama kampus di Kota Sabang yang juga memakai peraturan Islami.

Exit mobile version